Ini adalah tulisan random, tentang pariwisata di indonesia, dimana menurut Gita Wirjan    wisata merupakan cara menciptakan tenaga kerja t...

Pariwisata Di Indonesia

 


Ini adalah tulisan random, tentang pariwisata di indonesia, dimana menurut Gita Wirjan  wisata merupakan cara menciptakan tenaga kerja tercepat dan termudah dari segi biaya investasinya.


sumber : kemenparekraf.go.id

Bedasarkan data hingga November 2022 diatas bisa dilihat bahwa kunjungan wisatawan meningkat sejak dibukanya bandara internasional di bulan april 2022 dan terus meningkat hingga oktober 2022 dan turun di November 2022 karena penutupan bandara internasional untuk umum pada tanggal 13 November 2022 sampai dengan 17 November 2022 dikarenakan adanya kegiatan G20 dimana para diplomat dari negara - negara peserta G20 berdatangan sehingga ditutupnya bandara untuk umum.


Selain itu Kemenparekraf juga berusaha meningkatkan kegiatan dengan cara memperkenalkan wisata di indonesia dengan cara membuat video story telling tentang tempat tempat wisata di indonesia. berikut adalah salah satu diantara videonya :


Video Storytelling yang berjudul "The Heart Beat of Toba" ini sudah ditonton sebanyak 58 Ribu Kali di channel youtube wonderfull indonesia, dan 21 Ribu Kali di channel youtube Kemenparekraf, serta banyak juga channel lain yang merepost video tersebut.


Sedangkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mencatat, pendapatan devisa dari sektor pariwisata Indonesia mencapai US$4,26 miliar pada 2022. Nilai tersebut telah melonjak hingga 769,39% dibandingkan pada tahun sebelumnya yang hanya sebesar US$0,49 miliar, hal tersebut adalah hal wajar karena kasus pandemi diindonesia.

Wisatawan Mancanegara sangat berpengaruh terhadap tingkat pengaguran dan lapangan kerja, dimana kosumsi dari wisatawan adalah barang dan jasa yang dibeli oleh wisatawan dalam rangka memenuhi kebutuhan,keinginan dan harapan selama wisatawan tinggal di daerah wisata yang dikunjunginya. 



Semakin lama wisatawan mancanegara tinggal di suatu daerah tujuan wisata, semakin banyak uang yang dibelanjakan di daerah tersebut. Dengan adanya kegiatan konsumtif dari wisatawan mancanegara, maka akan memperbesar pendapatan dari sektor pariwisata suatu daerah. Oleh karena itu, semakin tingginya arus kunjungan wisatawan.

hal ini selaras dengan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik pada tanggal 7 November 2022 dengan gambaran sebagai berikut : 



Maka mari sama-sama promosikan wisata indonesia, agar negara kita semakin maju, dan berkembang, dukung selalu bapak  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kita dengan ide-idenya semoga membawa perubahan signifikan kepada pariwisata indonesia di tahun 2023 ini.



0 comments: